Saturday, May 10, 2014

Membuat aplikasi windows form pertama menggunakan visual C#

Pada posting kali ini saya akan membuat aplikasi windows form kita yang pertama. Aplikasi windows form yang ini sangat sederhana, karena hanya akan menempilkan  tulisan saja ketika sebuah button di tekan.

Jika anda telah membaca beberapa postingan saya sebelumnya tentang pemograman C#, anda akan lebih mengerti tentang apa yang akan kita kerjakan sekarang, karena kita diharapkan memahami dasarnya terlebih dahulu.

Oke, langsung saja kita mulai.
Silahkan buka aplikasi microsoft visual studio anda, kemudian pilih new project, pilih visual C#, kemudian pilh Windows Form Aplication.



Beri nama project yang akan kita buat, misal "HalloWindowsForm", kemudian pilih Ok.
Maka akan tampil tampilan seperti berikut


Pada area kerja terdapat gambar jendela windows "Form1"yang masih kosong, jendela windows tersebut adalah gambaran dari sebuah object dari class Form1.cs jika program di eksekusi. Coba anda tekan Ctrl+F5 maka akan mencul sebuah jendela windows yang masih kosong.
Saat ini kita tidak melihat source code dari class Form1 karena kita berada di mode disain, coba anda perhatikan pada tab nya bertuliskan Form1.cs[Design].

Mari kita lihat source code dari class Form1.cs dengan cara klik kanan pada jendela Form1 lalu pilih View Code, atau dengan meng klik class Form1.cs pada jendela Solution


Maka anda akan melihat source code seperti berikut


Pada source tersebut menunjukan bahwa class Form1 merupakan turunan dari class Form, itu artinya class Form1 akan memiliki anggota-anggota dari class Form.
Kemudian juga terlihat class Form1 memiki sebuah Constructor yang berisi sebuah method
InitializeComponent();
method ini berfungsi untuk menginisialisasi setiap objek yang dibuat pada mode Design.

Karena form yang kita buat adalah form utama kita, maka untuk menyesuaikan dengan fungsi, mari kita rubah nama class Form1.cs menjadi MainForm.cs
Pada jendela Solution, klik kanan Form1.cs dan pilih rename, kemudian rubah nama nya menjadi MainForm, lalu pilih Yes.

Mari kita mulai tambahkan TextBox dan Button pada jendela aplikasi kita, Kita beralih dulu ke mode design, kemudian klik pada jendela Tool Box, lalu drag and drop atau double klik TextBox dan Button pada jendela aplikasi kita. Atur posisi dan ukuran masing-masing objek dengan cara men drag dan menggeser ukurannya sehingga hasilnya akan seperti berikut :



O iya, Tulisan pada jendela windows form kita masih "Form1", mari kita ganti dengan cara :
Klik pada jendela windows form untuk memilih / mengaktifkan objek windows form, mari kita menuju pada jendela Properties yang terletak di bagian kanan bawah, pada nama properties Text ganti tulisan Form1 dengan tulisan "Hallo Windows Form", kemudian enter. Sehingga hasilnya adalah seperti berikut :

Jendela properties berisi kumpulan properties getter setter yang digunakan untuk mengatur objek-objek yang aktif, objek yang aktif saat ini adalah jendela windows.
Properties tersebut adalah anggota dari class Form, karena class MainForm adalah turunan dari class Form maka class MainForm juga memilikinya.

Kita telah memiliki dua buah objek yaitu TextBox dan Button, untuk memudahkan dalam mengingat mari kita rubah nama kedua objek tersebut dengan nama HalloTextBox dan HalloButton, caranya yaitu dengan mengaktifkan objeknya terlebih dahulu, klik pada TextBox kemudian pada jendela Properties, rubah isi dari nama property Name dengan HalloTextBox, lakukan hal yang sama untuk merubah nama objek button.


Rubah juga property Text pada objek HalloButton dengan tulisan "Click Me" sehingga hasilnya seperti berikut :

Setelah kita merubah nama kedua objek di atas, saatnya kita tambahkan sebuah event dan handler pada objek button.
Apa itu, event dan handler? event adalah sebuah kejadian yang terjadi pada sebuah objek, misalkan kejadian pada object button adalah di klik.
Handler adalah method yang akan dijalankan ketika sebuah event terjadi.

pada kasus kali ini, saya kan menampilkan kalimat "Saya sedang belajar windows form" pada HalloTextBox saat HalloButton di klik.
Maka klik adalah event dan menampilkan kalimat adalah handler nya.

Klik pada HalloButton (untuk mengaktifkan), klik icon Event pada windows Properties, maka akan tampil list / daftar-daftar Event dari objek HalloButton.
Isikan nama metod pada Event Click, misal "MenampilkanKalimat", kemudian enter.

Maka kita akan langsung di alihkan pada source code MainForm.cs dan otomatis terbuat sebuah method kosong bernama MenampilkanKalimat()

Mari kita isi method tersebut supaya bisa menampilkan kata "Saya sedang belajar windows form" pada HalloTextBox

Arti dari statement di dalam method MenampilkanKalimat() adalah mengisi property setter Text milik HalloTextBox dengan string "Saya sedang belajar windows form"

Click Ctrl+5 maka aplikasi windows form kita akan muncul, klik tombol button nya maka, maka akan tampil kalimat "Saya sedang belajar windows form" pada HalloTextBox


Selamat... aplikasi windows form pertama kita telah selesai dan berfungsi dengan baik.