Saturday, January 4, 2014

Membuat program pertama C#

Buka aplikasi Microsoft Visual Studio, kemudian buat proyek baru

Maka akan muncul lembar kerja baru. Hapus semua script bawaan jika ada, dan buat script baru seperti di bawah :

//program 1
class hallo
{
    static void Main()
    {
        //fungsi untuk menampilkan ke layar
        System.Console.WriteLine("Hallo.. Saya sedang belajar pemograman C#");
    }
}
kemudian tekan CTRL+F5 atau pilih menu Debug lalu klik Start Without Debugging Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah:
Program di atas hanyalah program sederhana yang berfungsi untuk menampilkan tulisan "Hallo Saya sedang belajar pemograman C#"

Method Main()

static void Main() berfungsi untuk mendeklarasikan method yang bernama Main, setiap program C# harus memiliki method ini, method Main bisa di ibaratkan sebagai pintu masuk program Anda. Isi atau tubuh metod harus harus di awali dengan tanda { dan di akhiri dengan tanda } sehingga kutipan method main yang lengkap adalah:

static void Main()
{
    //tubuh atau isi method
}

Class
Method di C# tidak dapat berdiri sendiri, namun harus menjadi bagian dari suatu class. Di program 1 method main berada di dalam class yang bernama hallo.

class hallo
{
      //tubuh atau isi class
}

seperti halnya method, tubuh atau isi class harus di awali dengan tanda { dan di akhiri dengan tanda }

System.Console.WriteLine()
Yang bekerja menampilkan kalimat "Hallo.. Saya sedang belajar pemograman C#" adalah method yang bernama WriteLine. method WriteLine tersebut berada di dalam sebuah class yang bernama Console.

Sebagaimana dengan method yang berada di dalam suatu class, class console sendiri di kelompokan kedalam namespace yang bernama System. Namespace System menampung semua class library .NET dan console adalah salah satu dari class library .NET