objek adalah sesuatu yang memiliki satu/lebih macam aksi yang dapat dilakukannya. Salah satu contoh objek adalah sebuah mobil yang memiliki merek Toyota Alphard. mobil tersebut memiliki atribut / properties beroda 4, berwarna hitam, bahan bakar bensin, harga 500 juta, plat nomor E1234 Z. dan mobil tersebut juga memiliki method berjalan, belok, berhenti, dll.
Untuk memudahkan pemahaman, Saya akan contohkan pada struktur OOP di pemograman php.
class kendaraan
{
//properties}
jumlah rodamerekwarnabahan bakarharga
//fungsi (method)
fungsi warnai mobil
fungsi jalankan mobil
fungsi belok kanan
fungsi belok kiri
fungsi berhenti
objek mobil1
Misalkan kita membuat sebuah objek mobil1 dan sebuah class kendaraan. dengan class kendaraan kita bisa melakukan sesuatu pada objek mobil tersebut.
seperti terlihat pada struktur class kendaraan di atas, didalam class kendaraan terdapat beberapa properties dan beberapa fungsi. propertis jumlah roda, merek, warna, bahan bakar, dan harga adalah variabel di dalam class yang nantinya bisa di pergunakan oleh fungsi-fungsi / method di dalamnya. Method-method tersebut nantinya berfungsi untuk memodifikasi / mempengarusi suatu objek, misalnya method warnai mobil berfungsi untuk mewarnai objek mobil, method jalankan mobil berfungsi untuk menjalankan mobil, dan begitu seterusnya. Karena OOP begitu fleksibel maka OOP sering diterapkan dalam aplikasi-aplikasi berskala besar ataupun dalam pembuatan program-program game.
Contoh script php sederhana yang menggunakan style OOP adalah sebagai berikut :
<?php class kendaraan { //properties var $jumlahRoda; var $merek; var $warna; var $bahanBakar; var $harga; //method function statusHarga() { if($this->harga < 120000000) { echo 'Murah'; } else { echo 'Mahal'; } } function bacaMerek() { echo $this->merek; } } //proses instantisasi $mobil1 = new kendaraan(); //setting properties $mobil1->harga = 500000000; $mobil1->merek = 'Toyota Alphard'; //menjalankan method $mobil1->bacamerek(); echo "</br>"; $mobil1->statusHarga(); ?>Pada script di atas terdapat tag $this-> yang berfungsi untuk mengakses variabel di dalam ruang lingkup class, kemudian method statusHarga berfungsi untuk menentukan apakah objek mobil1 termasuk mahal atau murah, dan method bacaMerek berfungsi untuk menampilkan merek yang dimiliki objek mobil1
proses instantisasi berfungsi untuk memasukan objek mobil1 kedalam kategori class kendaraan
setting properties berfungsi untuk mengisi properies dalam class kendaraan sesuai dengan kebutuhan kita
sebenarnya ada yang lebih mudah dalam proses setting properties yaitu dengan menggunakan construct yang akan di jelaskan di posting yang terpisah.
Jika berhasil maka hasilnya adalah seperti gambar di bawah
No comments:
Post a Comment